Jajak-pendapat

Jajak-pendapat: PENGANTAR

Bagaimana keadaan kehidupan beragama umat Islam pada saat ini?,
Apakah tiap umat Islam telah relatif mengenal saudara seimannya lainnya
(pada berbagai aliran-golongan-mazhabnya)? dan apakah umat Islam telah
relatif saling mengetahui keyakinan atau pemahamannya masing-masing?

Keyakinan tiap umat Islam atas agama Islam dan ajaran-ajarannya memang hanya hak-milik pribadi masing-masing umat, serta memang sama sekali tidak bisa diatur-atur dan apalagi dipaksa-paksakan oleh orang lainnya. Namun tiap umat Islam barangkali juga berkeinginan, untuk bisa bercermin diri atau untuk bisa mengetahui dimana letak-posisi keyakinannya sendiri tentang berbagai hal dalam kehidupan beragamanya, dibandingkan dengan keyakinan yang dimiliki oleh umat-umat Islam lainnya.

Melalui jajak-pendapat yang relatif sederhana ini, diusahakan untuk bisa diungkap keyakinan yang dimiliki oleh tiap umat Islam tentang berbagai halnya, agar bisa diperoleh gambaran umum tentang keyakinan atau pemahaman umat atas ajaran-ajaran agamanya. Termasuk agar tiap umat Islam relatif tidak hanya hidup menurut keyakinan pribadinya dan kelompoknya semata (melalui segala aliran-golongan-mazhabnya). Di lain pihaknya, relatif kurang mengetahui keyakinan pada umat dan kelompok lainnya. Padahal semuanya sama-sama umat Islam, sama-sama menyembah Allah Tuhan Yang Maha Esa, sama-sama meyakini nabi Muhammad saw sebagai utusan-Nya, dan sama-sama memakai kitab suci Al-Qur'an sebagai tuntunan hidupnya, serta sama-sekali bukan "umat ataupun orang lain". Dan secara bersama, umat Islam mestinya bisa saling memperbaiki dan menyempurnakan keyakinan beragamanya.

Jajak-pendapat ini pada dasarnya bukan bertujuan untuk menunjukkan "keyakinan siapa yang benar dan yang salah", karena memang tidak disertakan identitas atau nama peserta jajak-pendapat ini, serta memang tidak disertakan segala dalil-alasan-hujjah dan penjelasan selengkapnya dari tiap pendapatnya. Sedangkan tiap keyakinan umat tentunya relatif pasti memiliki segala dalil-alasan-hujjah dan penjelasannya masing-masing. Namun jajak-pendapat ini lebih bertujuan untuk bisa mengungkap "bagaimana keadaan kehidupan beragama umat Islam saat ini". Minimal setelah bercermin diri, tiap umat Islam bisa selalu terus-menerus makin memperbaiki dan menyempurnakan keyakinannya masing-masing, atas ajaran-ajaran agama Islam.

Tiap peserta jajak-pendapat ini juga boleh mengusulkan atau mengajukan persoalan atau pertanyaan yang ingin diketahui (beserta pilihan jawabannya). Insya Allah, usulannya akan dipakai oleh pengelola blog ini untuk melengkapi dan menyempurnakan bentuk jajak-pendapat ini. Termasuk tiap peserta boleh memberikan usulan jenis kategori atau topik yang baru, ataupun usulan-usulan terkait lainnya.

Dan harap maklum apabila dalam jajak-pendapat ini, tiap umat relatif hanya sekali saja bisa memberikan pendapatnya tentang sesuatu hal (hanya sekali saja dari komputer yang sama). Maka tiap umat diharapkan bisa membaca tiap pertanyaannya dengan cermat terlebih dahulu, sebelum memberikan pendapat, agar tidak ada kekeliruan. Terima kasih.

Artikel / buku terkait:

Beranda: "Islam, agama universal"

Resensi buku: "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW"

Buku on-line: "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW"

Al-Qur'an on-line (teks Arab, latin dan terjemah)

Download terkait:

Al-Qur'an digital (teks Arab, latin dan terjemah) (chm: 2,45MB)

Buku elektronik (chm): "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW" (+Al-Qur'an digital) (chm: 5,44MB)

Buku elektronik (pdf): "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW" (pdf: 8,04MB)

Buku elektronik (chm + pdf): "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW" dan Al-Qur'an digital (zip: 15,9MB)

 

Buat komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s