Pengelola

Profil pengelola / pemilik blog

Nama

SYARIF MUHARIM

Jenis kelamin

Pria

Kontak

syarifmuharim@ymail.com

Domisili

Kota Bima – NTB – Indonesia

Pendidikan

Alumni Teknik Mesin – KBK Teknik Penerbangan – ITB – angkatan tahun 1987

Hobbi

Menulis

Musik

Slow, Classic dan Kitaro

Motto

Makin sering memikirkan kebenaran-Nya (bertafakur), sambil berdiri, duduk atau berbaring, Insya Allah, juga bisa makin menyempurnakan dan meningkatkan keimanan.

 

DOWNLOAD AL-QUR’AN DIGITAL

Al-Quran_Digital.chm (format ebook dari Al-Qur’an Digital pada blog ini)

Al-Qur’an.chm (dari kampungsunnah.co.nr, sumber awal teks bahasa Arab bagi Al-Quran_Digital.chm)

160 Balasan ke Pengelola

  1. andik berkata:

    wow…. saya baca visi dan misinya kelihatan keren ya… kelihatan……. tanpa menggunakan mazhab???? wow hebat banget……. brarti imam syafi’i, imam hanbali,imam maliki, dan imam hanafi kalah dong sama anda?? :p

    • Syarif Muharim berkata:

      Sangat berbeda. Imam syafi’i, imam hanbali,imam maliki, dan imam hanafi bukan berada pd mazhab-aliran dlm ilmu2 kalam, tetapi justru dlm ilmu2 fiqih. Shg tdk dapat / tdk cocok utk dibandingkan. Juga disini mmg tdk membahas fiqih.
      Di lain pihak, dlm hal keilmuan sama sekali tdk ada dikenal istilah kalah-kalahan atau menang-menangan, yg ada adalah tingkat kebenaran ilmunya, beserta kekuatan sgla dalil-alasan yg mendukungnya. Einstein sekalipun kalau ada pendapatnya yg keliru, ya tetap keliru. Bukan berarti krn Einstein byk “menang” dlm hal2 ilmu fisika, maka seluruh pendapatnya dlm ilmu fisika menjadi “pasti benar” seluruhnya. Einstein justru juga punya kekeliruan2 pd teori2 fisikanya.
      Dlm ilmu kalam khususnya, saya menemukan sedikit-banyak kekeliruan pendapat / pemahaman pd tiap mazhab-aliran yg ada. Shg saya memilih utk tdk memakai hanya salah-satu dari mazhab2-aliran2 tsb, maka disebut “tanpa mazhab-aliran”.
      Tentunya bukan berarti seluruh pendapat / pemahaman disini saya anggap “pasti benar” atau “plg benar”, krn hal ini pasti hanya semata hak Allah, Yang Maha Mengetahuinya.
      Wassalam…

      • Muhammad Najib berkata:

        Dari mana Anda tahu Imam Hanafi, Imam Syafii dll., tidak berada (bukan ahli) pada mazhab ilmu kalam (Aqidah). Mereka memang terkenal sebagai pemuka Mazhab Fiqih, tapi mereka juga ahli dalam ilmu Aqidah. Apakah Anda tahu bahwa Imam Hanafi dan Imam Syafi’i menulis buku yang berjudul Al-Fiqhul Al-Akbar yang merupakan Kitab Akidah (Ushuluddin) dan corak pemikiran mereka dalam bidang ini

        • Syarif Muharim berkata:

          Betul, saya yakin Imam Hanafi, Imam Syafii dan bahkan juga tiap umat Islam mmg sdkit-byk pasti memiliki pemahamannya msg2, ttg topik2 pembahasan dlm ilmu kalam (ilmu aqidah). Namun saya mmg sengaja hanya membatasi pd aliran2 ilmu kalam, yg mmg telah dikenal relatif amat luas.
          Dugaan saya, keahlian Imam Hanafi dan Imam Syafii dlm ilmu kalam, seolah-olah sengaja ditutupi / disembunyikan, krn relatif byk para alim-ulama Sunni yg mengharamkan ilmu kalam, ilmu filsafat ataupun ilmu mantiq.

      • Anonim berkata:

        wajar perbedaan pendapat tidak ada manusia yang pikirannya sama

    • Cecep Zenal berkata:

      tolong dijelaskan apa madhab para sahabat rosullulloh Saw. Bukankah masalah madhab ini baru muncul pada jaman tabiin bahkan tabiit tabiin.Jadi tunjukan dalilnya kewajiban bermadhab itu?

      • Syarif Muharim berkata:

        Sampai pada jamannya para imam mazhab itu sendiri (Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Hambali), sekitar abad 1-2 hijriyah, mazhab memang belum dikenal.
        Pengikut dari para imam mazhab itulah yg menamakan hasil” kajian ilmu fiqih dari mereka, sebagai ‘mazhab’ (mazhab” Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali), sejak sekitar abad 3 hijriyah.

        Bermazhab sebenarnya konsekuensi dari anjuran Rasulullah saw dalam hadits “ikuti 3 generasi terbaik (generasi salaf: para sahabat, para tabiin dan para tabiit-tabiin)”, karena para imam mazhab memang termasuk generasi salaf, yang relatif paling mendalam ilmunya dalam bidang fiqih dan juga relatif paling mengetahui Sunnah-sunnah Nabi.
        Bermazhab itu berupa anjuran Rasulullah saw, secara tidak langsung, tapi juga tidak pernah diwajibkan.

        Wallahu a’lam.

      • Syarif Muharim berkata:

        Ini ada artikel yang cukup bagus, tentang sejarah timbulnya mazhab….

        http://belajar-fiqih.blogspot.co.id/2012/02/sejarah-timbulnya-mazhab.html

      • edi kondologit berkata:

        kalau tidak bermadzhab anda mau sholat gimana
        secara tidak disadari anda pasti juga bermadzhab

  2. ismail fahmi berkata:

    Web anda bagus, saya sedang membacanya. argumen anda bagus, lebih komprehensif, konsisten dan integral.

  3. endihherawandih berkata:

    Assalaamualaikum,
    Mohon izin meng-copy eks Alquran dan terjemahan untuk keperluan saya sendiri. Semoga menjadi amal baik Bagi Bapak. Mohon informasi, apakah terjemahan tersebut terjemahan Pak Syarif atau dari sumber lain?.
    Terima kasih
    Wassalaamualaikum
    Endih Herawandih

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam
      Silahkan di-copy. Terjemahan Al-Qur’an tersebut pada dasarnya bersumber dari Terjemahan Al-Qur’an dari Depag. RI. Namun khusus hanya pada bagian2 yg berada dlm tanda kurung “()”, agar dicermati scra amat hati2, krn ada yg saya ubah ataupun saya tambahkan, yg relatif berbeda daripada terjemahan aslinya, terutama agar terjemahannya bisa lebih runut, mengalir dan mudah dimengerti.
      Terima kasih kembali. Dan mudah2an bisa bermanfaat. Amin.

  4. ogytuh berkata:

    Assalamu’alaikum, izin share..

  5. Anonim berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak Syarif , artikel yang anda muat sangat bagus.

    • Anonim berkata:

      kalau saja dikemas dengan syukur mungkin akan lebih dahsyat lagi
      sonisamudra@rocketmail.com

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Wr. Wb.,
      Syukur alhamdulillah, jika artikel2 / posting2 dlm blog ini dianggap demikian. Namun bgmnapun sgla kebenaran dan kesempurnaan pasti datangnya hanya semata dari Allah swt, dan sbliknya sgla kekurangan, kekeliruan, kekhilafan, kesalahan dan keterbatasan, terutama dlm blog ini, pasti datangnya hanya semata dari saya pribadi.
      Smga Allah swt senantiasa selalu berkenan memaafkan, serta menerima sgla ampunan dan taubat kita. Juga smga artikel2 / posting2 dlm blog ini bisa bermanfaat bagi umat. Aamiin.

      Harap dimaklumi, jika dlm blog ini dan dlm buku “Menggapai kembali” mmg amat kering dari sgla puja-puji syukur kpd Allah swt, krn pada dasarnya mmg teramat byk sgla puja-puji syukur dari saya pribadi, yg timbul saat memperoleh pemahaman2nya dan juga saat menyampaikannya. Shg saya lebih memilih hanya berkonsentrasi kpd pemahaman2 dan sgla dalil-alasannya.
      Mdh2an sgla puja-puji syukur tsb bisa datang lgsg dari para pembaca sendiri, jika mmg ada hikmah dan hidayah-Nya yg diperolehnya, yg terilhami dari artikel2 / posting2 dlm blog ini. Aamiin.

  6. ShuffiDun berkata:

    Alhamdulillah …. saya menemukan blog ini … terimakasih .. izin share ..!!

  7. dewi berkata:

    Mohon izin untuk mengkopi surat dalam al qur’an digitalnya,
    semoga barokah. amiin.

    • Syarif Muharim berkata:

      Aamiin. Silahkan dikopi. Klau ada alamat emailnya, Insya Allah, akan saya kirimkan file “Al-Qur’an digital.chm”-nya (spya tdk repot kopi satu per satu). Cuma format tampilan dan htmlnya agak beda sdkit drpd formatnya dlm blog ini (isinya persis sama).

  8. Anonim berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Boleh sy dikirimkan via email “Al-quran digitalnya”
    Terimakasih sebelumnya

  9. Anonim berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Ini email saya boleh dikirimkan juga. sitimy76sadiman@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya.

  10. Anonim berkata:

    Assalamualaikum, wr.wb, Alhamdulillah, Semoga ALLAH selalu memberikan Karunia, Rahmat dan Ridha-Nya pada bpk Syarif sekeluarga, sungguh saya sangat suka dengan tulisan-tulisan yang ALLAH telah memberikan Ilmu pada bapak, selama ini saya mencari kupasan-kupasan Ilmu Hikmah dalam proses keimanan pada diri saya… dan semua menjadi jelas setelah membaca tulisan-tulisan bpak Syarif, Semoga ALLAH menambahkan Ilmunya…selanjutnya saya mohon ijin untuk mencopy Ilmunya… Jazakallah….Walaikumussalam, iman hidayat

  11. Anonim berkata:

    orsiza@yahoo.com.sg = iman hidayat / maaf ini emai saya.. Jazakallah

  12. Anonim berkata:

    subhanallah, islam seperti ini yang harus dikedepankan, bukan melulu membahas fiqih agar semua orang non islam tahu universalitas islam. sekarang yang muncul sepertinya arab-isasi, bukan islamisasi…

    • Syarif Muharim berkata:

      Terima kasih banyak atas dukungannya. Salam…

      • Anonim berkata:

        MasyaAllah, tadinya cari cari mengecek bahasan tafsir surat Al ashr dari berbagai sumber, dimana banyak dikutip terjemahan ditulis dari QS 3:19. Setelah saya check lewat blog ini ternyata yang benar adalah QS:3;18. Bermanfaat sekali Bog ini. dan yang mengejutkan saya ternyata pengelolanya adalah sahabat lamaku Bp Syarif M M87. salam ketemu lagi, semoga istiqomah selalu dalam jalan Islam. Salam Utomo Nugroho.

        • Syarif Muharim berkata:

          Aamiin…. Salam ketemu juga mas.

          Alhamdulillah… Al-Qur’an digitalnya tanpa diduga justru amat diminati, padahal tujuan awalnya sbgai referensi atas ayat2 yg mendukung dalil2 dlm buku saya.

          Mudah2an blog, buku dan Al-Qur’an digital ini bisa bermanfaat bagi umat. Aamiin.

  13. Andhi Nagata berkata:

    Assalamualaikum. wr.wb
    bpk Syarif Muharim

    sungguh mulia sekali dan sangat bermanfaat bagi saya khusus nya sebagai pembaca, web nya pak Syarif …
    oh iya pak bisa kirim kan lwt email, Resensi buku hikmah nya pak ??
    kalau boleh kirim kan ke email saya Andhi.degil@yahoo.com
    atas kemurahan hati bapak saya ucapkan terimakasih ,,…🙂 Syukron

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam. Wr. Wb.,
      Waduh…. mohon maaf sebesar-besarnya pak Andhi, terutama krn saya amat terlambat membalas komen bapak.

      Pd saat2 awal saya membaca komen tsb, saya justru kebingungan dgn bentuk resensi buku yg dimaksud. Sdgkan resensi buku hikmah itu sendiri (minimalnya dlm bentuk yg saya pahami, berupa ringkasan isi buku) justru saya anggap sdh ada pd link “https://islamagamauniversal.wordpress.com/referensi/” dan link “https://islamagamauniversal.wordpress.com/referensi/ab_sinop/”, walaupun sdh bukan ringkasan lagi, krn sdh bercampur dgn berbgai keterangan2 lainnya..
      Dari kebingungan tsb, lama-lama jadi lupa membalas komennya.

      Sekali lagi, mohon maaf sebesar-besarnya pak Andhi. Terima kasih.

  14. Sulistio Utomo berkata:

    Assalamualaikum. wr.wb
    Subhanalloh…, alhamdulillah kita dipertemukan walau melalui media ini, awal saya mencari rujukan suatu ayat Al-Qur’an, semoga suatu saat kita dipertemukan Alloh SWT di SurgaNya ya, mudahan juga suatu saat kita dipertemukan sebelumnya.
    Untuk itu sekalian saya mohon ijin meng-copy artikel-artkel yang ada ya, terutama Al-Qur’annya, semoga amal baiknya diterima dan dilipat gandakan Alloh SWT, amin Ya Robbal Aaaamiiiiin.

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam. Wr. Wb.,
      Aamiin..Aamiin..Aamiin.. YRA. Terima kasih atas do’anya.

      Iya… silahkan pak, utk meng-copy artikel2 disini.
      Semoga bisa bermanfaat. Aamiin…

      NB: Jika bapak ingin Al-Qur’an digital dlm bentuk EBooknya (format tampilannya serupa dgn Al-Qur’an digital dlm blog ini), harap kirimkan alamat EMailnya.
      Sementara butuh alamat EMail, krn belum saya temukan cara yg tepat bagi file berjenis “CHM”, utk bisa didownload lgsg dari WordPress.

  15. Anonim berkata:

    Aslkm, Bang Syarif Muharim…MANTAP..”Saya baru membaca komentarnya”belum isinya webnya….Insya Allah…

  16. Anonim berkata:

    kalau masalah aQidah jangan coba2 kalau lain dari pada al-qur’an, aliran apa atau bagaimananya itu tetap al-qur’an sebagai pedoman dan petunjuk….walaupun hadist atau ilmu pengetahuan apapun itu klo bertentangan dengan al-qur’an patut utk ditinggalkan,,,,sebab ahlaQ rasullullah adalah al-qur’an krna al-qur’an itu turun kepadanya dari allah swt….bagi bpk syarif muharim terimakasih sudah menampilkan al-qur’an digital page ini…..menghapal ayat al-qur’an dan terjemahanya itu bagus tapi alangkah bagusnya klo mengerti isi kandunganya al-qur’an itu……yg menjadi pembeda dgan berbagai aliran adalah tauhidnya dan isi kandungan al-qur’an itu….jika ada salah kata mohon maaf ……

    • Syarif Muharim berkata:

      Saya amat sepakat dgn hal2 yg disampaikan, dan Insya Allah, sprtinya tdk ada kata2nya yg salah.
      Walau saya merasa seolah-olah sdg dikritik. Tapi krn kurang jelas adanya kritikan dan juga tdk ada hal2 yg perlu dibantah, maka hal2 yg disampaikan saya anggap sbgai peringatan yg amat positif. Terima kasih banyak.

      Semoga umat Islam bisa terus-menerus makin menyempurnakan aqidah dan keimanannya. Aamiin.

  17. Sis Wan berkata:

    pak,saya ijin copy &download semua artikelny y.bwt belajar,terimakasih

  18. Anonim berkata:

    Assalumalaikum wr wb, saya mohon ijin meng-copy artikel-artkel yang ada , terutama Al-Qur’annya, semoga Bapak Ustat SYARIF MUHARIM menjadi ahli Ilmu yang manfaat dunia akhirat, amal baiknya diterima dan dilipat gandakan Alloh SWT, amin Ya Robbal amin…..3x.
    (karyono_19@yahoo.com) atau (karyono20_megah@yahoo.com) sebelum & sesudahnya trims..

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Wr. Wb.,
      Aamiin 3x YRA.
      Silahkan mengcopy artikel2 pd blog ini.
      Utk lbh memudahkan, Insya Allah, akan saya pula kirimkan buku hikmah dan Al-Qur’an digital, ke alamat email yg disebutkan.
      Semoga bisa bermanfaat. Aamiin.

      • Muhamad Iqbal berkata:

        Assalamualaikum.

        Saya org yang sangat awam tentang agama, makanya sering bingung yang mana yang harus saya ikuti, Alquran—>banyak maksud dan artinya yang tidak saya pahami, hadits—>banyak yang bilang jumlah hadis yg lemah melebihi hadis yang shohih. Usatadz dan ulama—-> banyak yang tidak sesuai antara omongan dan perbuatannya. Saya minta kelonggaran waktu dan pikirannya untuk berdiskusi ya mas, email saya qibal_m98@yahoo.com. Saya hanya ingin menemukan jalan kembali kepada-Nya.

        Wassalam
        Iqbal

  19. Assalamualaikum .Wr Wb.
    Bapak/ Mas Syarif Muharim yth,

    Saya banyak terimakasih setelah saya menemukan blog ini, setidaknya bisa menolong saya untuk memahami baik terjemahan dalam tulisannya surat2 / doa2 yg tercantum disini, dgn izinkan saya mengcopy untuk kepentingan saya sendiri, semoga jerih payah anda akan berbuahkan manis…serta pahala yg tak terhingga dari Allah Aza Wa Jalla , dan pahala akan terus mengalir, dimana setiap ummatNya yg membaca & membutuhkan bisa terpenuhi adanya.

    Wassalam,
    Salam Istiqomah.

  20. Subiyantoro Bin berkata:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Yth. Mas Syarif Muharim

    Alhamdulillah, saya sangat bersyukur telah menemukan blog ini dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mas Syarif atas artikel-artikel yang bagus-bagus dan insya ALLAH bermanfaat bagi banyak orang, khususnya bagi saya pribadi. Mudah-mudahan ALLAH SWT senantiasa melimpahkan berkah, karunia, dan ridlo-NYA kepada muslimin muslimat mukminin mukminat, khususnya kepada Mas Syarif sekeluarga. Aamiin yra. Untuk lebih melengkapi kepustakaan saya, boleh saya diberi “Al Qur’an digital” melalui alamat email saya: binpribadi@gmail.com. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.
    Bin

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Wr. Wb.
      Aamiin 3x YRA. Terima kasih banyak atas do’a-do’anya.

      File “Al-Qur’an digital.chm”-nya sdh 2x dikirimkan, tapi gagal terus terkirim, krn sistem / komputer bapak tampaknya menolak jenis file “CHM”.
      Di dlm file ini mmg ada kode2 javascript, utk meringkas dan menyeragamkan tampilan surat2 Al-Qur’an.

      Mohon diperiksa setingan internet komputernya (terutama penolakan atas kode2 javascript), atau mohon memakai alamat email lainnya.

  21. Anonim berkata:

    terima kasih

  22. heri susanto berkata:

    Assalammualaikum Pak,

    Mohon di kirimkan Al-Quran di gitalnya untuk sarana belajar buat saya pribadi, Heri Susanto.

    Wasalam.
    email :herisusanto_1975@yahoo.co.id

  23. Anonim berkata:

    Bapak Syarif Muharim yang saya hormati, Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh, Saya sudah membaca sedikit tentang Hikmah “MENGGAPAI” cocok sekali dengan kegiatan mengaji saya di Tolabul Ilmi (Thoriqoh). Saya termasuk orang tua yang “gaptek” tetapi ingin memiliki buku tersebut, Bagaimana caranya Pak Syarif, saya di Bandar Lampung dan Email saya ramlihasan0453@yahoo.com Terimakasih atas perhatiannya, Wassalamualaikum warohmah.

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Warohmatullah Wabarokatuh,

      Syukur alhamdulillah, jika buku hikmah “MENGGAPAI” itu bisa cocok dengan Thoriqohnya. Namun sayangnya, buku tsb sementara ini belum diterbitkan (belum ada penerbit yg tertarik), kemungkinan besar misalnya krn: terlalu tebal (butuh biaya besar); jarang (bukan topik2 yg populer); terlalu ilmiah (tdk pakai bahasa2 yg populer & ringan); saya penulis baru; dsb.
      Untuk itu harap dimaklumi, atas tdk tersedianya buku tsb.

      Sementara ini saya juga masih berharap ada penerbit yg mau menerbitkannya, walaupun saya sdh cukup senang, akibat cukup byknya para pembaca yg telah mendownload buku tsb.

      Terima kasih kembali.

  24. Imam Suprawoto Mertowijoyo berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb
    Alhamdulillah, saya ingin memperkenalkan diri
    Nama : Imam Suprawoto Mertowijoyo
    Email : spt.cojpr@gmail.com
    Domisili : Jayapura
    Saya senang dengan pola pikir/ pandaangan anda, terutama yang membebaskan dari pengotak kotakan yang akan memecah belah umat Muhaammad.
    Saya mencoba menyusun buku mengenai penciptaan alam semesta yang berdasar Al Qur’an, Hadits, percontohan ciptaan Allah dialam semesta, pelajaran dari jamaah “Laduna Ilma” dan sain modern. Memang agak berbeda dari yang anda punya, terutama pada pembahasan unsur diri, dan ayat yang mutasysbi’at.
    Kalau anda berkenan, dengan kerendahan hati, saya akan kirim ke anda untuk bahan perbandingan. Tetapi saya tidak tahu cara mengirimnya,
    Semoga kita bisa saling berbagi. Oya saya juga berminat Al Qur’an digitalnya.
    Wassalam

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Wr. Wb.,
      Aamiin. Salam kenal kembali pak….

      Hal-hal yg dituangkan pada blog ini ataupun buku “Menggapai”, bgmnapun juga hanya salah-satu bentuk pengungkapan yg sdh byk dilakukan oleh umat2 Islam lainnya, dari berbagai sudut-pandangnya msg2. Tentunya makin baik, jika makin banyak pula sudut-pandang yg bisa dilihat oleh umat, termasuk melalui buku yg akan bapak susun, agar umat bisa makin luas sudut-pandangnya ataupun bisa makin menyeluruh.
      Saya sangat mendukung penyusunan bukunya, walaupun hanya sekedar melalui do’a.
      Semoga buku bapak bisa lancar tersusun dan bisa diterbitkan, serta bisa membawa manfaat bagi umat manusia. Aamiin.

      Bukunya bisa dikirim ke email saya: syarifmuharim@ymail.com.

      Insya Allah, Al Qur’an digitalnya akan segera dikirimkan.

      NB:
      Maaf, saya belum sempat menjawab komentar2 bapak terdahulu (pada bagian2 lain blog ini).
      Insya Allah, jawabannya sdg disusun dan hampir tidak ada persoalan / perbedaan yg cukup mendasar (relatif hanya sedikit perbedaan cara pengungkapan dan sudut-pandangnya).

    • Syarif Muharim berkata:

      File “Al-Qur’an digital.chm”-nya sdh 2x dikirimkan, tapi gagal terus terkirim, krn sistem / komputer bapak tampaknya menolak jenis file “CHM”.
      Di dlm file ini mmg ada kode2 javascript, utk meringkas dan menyeragamkan tampilan surat2 Al-Qur’an.

      Mohon diperiksa setingan internet komputernya (terutama penolakan atas kode2 javascript), atau mohon memakai alamat email lainnya.

  25. Purwanto berkata:

    Assalaamu’alaikum wr wb.
    Syukron Mas Syarif, insya Allah Blog anda ini bermanfaat untuk saya pribadi dan semoga untuk semua yang membukanya. Yang sering saya buka adalah Al-Qur’an Digital. Matur suwun
    Wassalaamu’alaikum wr wb.
    Purwanto, Madiun, Jatim

  26. Anonim berkata:

    Tolong di share ke email saya h.teguh08@gmail.com
    semoga kita dapat kebaikan dunia&akhirat..
    Aamiin

    • Syarif Muharim berkata:

      Aamiin…
      File “Al-Qur’an digital.chm”-nya sdh dikirimkan, tapi gagal terkirim, krn sistem / komputer penerima tampaknya menolak jenis file “CHM”.
      Di dlm file ini mmg ada kode2 javascript, utk meringkas dan menyeragamkan tampilan surat2 Al-Qur’an.

      Mohon diperiksa setingan internet komputernya (terutama penolakan atas kode2 javascript), atau mohon memakai alamat email lainnya.

  27. Bud Bud berkata:

    assallam mualaikum wr wb
    pak ustad saya minta alquran chmnya
    kirim ke email ninjato@programmer.net
    semoga bermanfaat buat saya
    dan semoga allah menambah ilmu buat pak ustad
    wasalmualaikum wr wb
    budi
    cilegon-banten

  28. fauzi bin rifai berkata:

    ijin follow pak, serta salam kenal, tolong pak dibahas tinjauan ilmu kalam mengenai amal manusia khususnya dalam bid.ekonomi, sering miris tentang ancaman pelaku #riba dengan keadaan saat ini dimana #perbankan sudah sangat kuat pengaruhnya di ranah hidup kita. terimakasih dan mohon maaf

  29. Jon Java berkata:

    pak minta tolong jelasin qs 19:28 Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang penjahat, dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang penzina’,” – (QS.19:28)

    ini katanya maryam bukan saudara harun??

    • Syarif Muharim berkata:

      Pemahaman atas ayat2 QS.19:28 akan bisa lebih jelas lagi, jika dibaca juga ayat2 QS.19:27 s/d 29.
      Tampak bahwa perkataan pada ayat QS.19:28 itu berasal dari kaumnya Maryam, dan Maryam adalah saudara perempuan dari Harun.

      Secara sederhananya perkataan tsb kira2 “Hai Maryam (saudara perempuan dari Harun), bapak dan ibumu saja orang baik2 (bukan penjahat dan bukan penzina), tapi kenapa engkau bisa punya anak tanpa menikah (dituduh berzina / berbuat kemungkaran)?”.

      Lalu karena Maryam sendiri justru tidak mengetahui, kenapa ia bisa hamil dan bisa punya anak (nabi Isa as). Maka Maryam hanya bisa menunjukkan keluar-biasaan yang terjadi pada si anak, terutama karena si anak amat pintar berbicara dgn orang dewasa.
      ————
      “Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya, dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: ‘Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.” – (QS.19:27)
      “Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang penjahat, dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang penzina’,” – (QS.19:28)
      “maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: ‘Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil, yang masih dalam ayunan’.” – (QS.19:29)

      Wallahu a’lam.

  30. Geri Susino berkata:

    Assalamu’alaikum bapak.. Artikelnya bagus-bagus . tetap semangat dan lanjutkan…. dan artikel tentang Turunnya Nabi Isa membuka fikiran saya..

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam,
      Terima kasih atas dukungannya.

      Pembahasan terkait “Turunnya Nabi Isa” tsb (atau lebih tepatnya, “kebangkitan hidup kembali Nabi Isa pada Hari Kiamat”) ataupun hal2 lain pada blog ini, hanyalah salah-satu saja dari berbagai bentuk pemahaman yg berkembang di kalangan umat Islam. Semoga bisa menambah wawasan umat Islam. Aamiin.
      Dan Insya Allah jika benar, maka datangnya hanya semata dari Yang Maha Benar. Namun jika salah / keliru, maka datangnya hanya semata dari saya, akibat dari segala kekurangan dan keterbatasan saya dlm berusaha mencoba memahami petunjuk2-Nya.
      Semoga Allah Yang Maha Pengampun senantiasa selalu berkenan memberi kita segala ampunan-Nya, atas segala kesalahan dan kekeliruan kita. Serta semoga Allah Maha Memberi Penerang, senantiasa selalu berkenan memberi kita segala cahaya penerang / petunjuk-Nya. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

  31. eka berkata:

    assalammualaikum……. pak, boleh minta tlg di send Al Quran digitalnya ke email saya:
    deeana_ws@hotmail.com
    terimakasih sebelumnya. semoga menjadi amalan baik utk bapak di mata Allah.

  32. Anonim berkata:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…
    ——
    kiranya Allah SWT slalu melindungi dan melimpahkan rahmat dan hidayangNYA kepada sodara Q beserta keluarga…..aamiin ya rabbal alaamiin…..!!!

    dengan kerendahan hati saya kiranya sodara Q Syarif Muharim bisa dan bersedia untuk mengirimkan Al-Qur’an digatalnya ke email saya tuan.dilimang@gmail.com

    terima kasih….wassallam.

  33. bandung media berkata:

    Asalamualaikum Wr. Wb. ijin mas, jika berkenan mengirimkan Al-Quran Digital ke email: bandungmedia@gmail.com semoga mas, mendapatkan Pahala dan Ridho Allah SWT.

  34. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Salam kenal kepada mas Syarif Muharim. blog anda sungguh mencerahkan. Mohon izin untuk terus membaca artikel-artikel di blog ini, dan jika mas Syarif berkenan tentu Al Quran digitalnya pun bisa share ke email saya: ekohabib@yahoo.com.

    Wassalamu alaikum,

  35. Akhmad Zaeni berkata:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Semoga Alloh swt tetap membimbing anda pada jalanNya …. aamiinn
    Pak Syarif Muharim, jika bapak berkenan kami ingin sher untuk memasang Alquran digitalnya ke blog kami bagaimana caranya pak jazakumulloh khaeron katsyiron

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Warahmatullahi Wabarakatuh
      Aamiin.
      Silahkan saja pak, jika ingin memasang Al-qur’an digital disini pada blog bapak sendiri. Insya Allah, hak ciptanya hanya milik Allah swt.

      Pada dasarnya cara plg utamanya hanya dgn mengolah-olah kode html dari Al-qur’an digital itu sendiri, utk menyesuaikannya dgn blog bapak sendiri. Shg amat diperlukan pengetahuan ttg html.

      Adapun pilihannya antara lain bisa berupa:
      1. Hanya membuat satu halaman pada blog bapak, yg berisi daftar surat (seperti pada https://islamagamauniversal.wordpress.com/db_cover/db_disi/), tapi link2 tiap suratnya sendiri diubah, agar tetap mengacu kpd surat2 pada blog ini.
      Cara ini plg cepat dan sederhana, krn plg sedikit pengolahan kode htmlnya.
      Halamannya cukup dicopy dari https://islamagamauniversal.wordpress.com/db_cover/db_disi/ tsb, lalu diolah sedikit.

      2. Bisa membuat seluruh halaman Al-qur’an digitalnya pada blog bapak, yg berupa halaman daftar surat dan halaman bagi tiap suratnya.
      Cara ini agak lama dan rumit, krn banyak pengolahan kode htmlnya.
      Adapun halaman2 tsb bisa diambil dari:
      – Diekstrak dari ebook “Al-Quran Digital.chm”. Harap beri alamat email bapak, agar bisa saya kirimkan ebook tsb.
      – Dicopy langsung dari seluruh halaman Al-qur’an digitalnya pada blog ini.
      Setelah seluruh halamannya sdh diperoleh, lalu msg2 diolah.

      Semoga uraian ringkas ini bisa bermanfaat. Aamiin.

  36. Aisya berkata:

    Saya mohon dikirimi “Al Qur’an digital-nya ke email saya; ardani.sanmanagement@gmail.com..terima kasih Pak atas perkenannya…

  37. Anonim berkata:

    Asalamualaikum Wr. Wb. ijin mas, jika berkenan mengirimkan Al-Quran Digital ke email: ayah.suratna@gmail.com semoga mas, mendapatkan Pahala dan Ridho Allah SWT.

  38. Amrial berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb. Mas Syarif saya lihat tampilannya sangat bagus sekali. Boleh saya dikirimkan Al Quran digital ini kealamat email saya: amrial.tambusai@yahoo.com. Terimakasih sebelumnya.

  39. Anonim berkata:

    lumayan nih buat nambah pengetahuan

  40. budi martono berkata:

    Assalamualaikum wrwb.
    Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih karena sangat terbantu dengan web anda. Izin copy beberapa surat Al-Quran untuk kepentingan pribadi. Kalau berkenan mohon dikirimkan Al-Quran digital ke alamat e-mail: budimarto@yahoo.com
    Terima kasih atas bantuan anda
    Wassalam

  41. Anonim berkata:

    Assalamualaikum wrwb.
    Saya kagum artikel anda dengan backgound anda yg diluar ilmu agama tapi karya anda bagus soal agama, saya minta tolong jika berkenan untuk dikirimkan Al- Quran digital ke e-mail : setan_asia74@yahoo.com… nama email tidak mencerminkan orangnya…hehehe

  42. adam berkata:

    Assalamu ‘alaikum Wr wb
    Saya bangga bisa browsing dan menemukan bloq ini.
    Karya yang bagus sekali,
    Dengan sepuluh jari…mohon Ijin unt belajar disini
    Barokallah

    Adam Ketjil S.Fil

  43. Rahmat Sobari berkata:

    Bismillaahi rohmaani rohiim
    Manusia diberikan kelebihan oleh Allah SWT dengan kemampuannya untuk memilih.
    Allah SWT ‘tidak’ tahu pilihan mana yang akan kita ambil karena Allah SWT ‘belum’ menetapkannya sembari menunggu usaha dan do’a makhluknya. Tapi, Allah SWT telah menciptakan, menentukan dan mengetahui segala sesuatu termasuk pilihan apa saja yang tersedia bagi seluruh makhluknya sejak zaman ajalli. Tidak ada yang bisa ‘melompat’ dan mengambil pilihan yang sudah disediakan bagi orang (makhluk) lain. Kita tidak pernah tahu pilihan apa saja yang tersedia sehingga kita diwajibkan untuk berusaha dan berdo’a supaya kita selalu memilih yang terbaik bagi kehidupan dunia dan juga akhirat.
    Allah SWT tahu bahwa (misalnya), di akhir hayatnya si fulan hanya ada 3 pilihan jalan kematian, yaitu: mati tenggelam karena tsunami, mati terpeleset dan jatuh di kamar mandi, atau mati karena kaget terkena serangan jantung saat tahu dapat hadiah undian. Jadi, si fulan tersebut tidak mungkin mati karena tertabrak mobil sehingga walaupun berkali-kali kecelakaan di jalan (karena memang profesinya sopir) tetap saja hidup. Hanya saja, si fulan tidak tahu bahwa dia hanya punya 3 pilihan jalan kematian, demikian juga Allah SWT ‘tidak’ mengetahui jalan kematian mana yang akan dilalui si fulan karena Allah SWT ‘belum’ menetapkan sembari menunggu usaha dan do’a nya si fulan.
    Wallaahu ‘alam bi showaab.

    • Syarif Muharim berkata:

      Terima kasih pak Rahmat, atas uraiannya.

      Pembahasan ttg takdir dan free will (kebebasan berkehendak) semacam itu memang selalu menarik, dan juga relatif tdk pernah tuntas, terutama sejak setelah wafatnya Rasulullah SAW, bahkan sampai saat skrg ini. Bahkan hal ini juga telah melahirkan berbagai aliran teologi, di kalangan umat Islam.

      Semoga pemahaman umat ttg takdir, makin lama bisa makin sempurna. Apalagi keimanan atas takdir-Nya, memang bagian dari rukun iman. Aamiin.

  44. Anonim berkata:

    subhanallah pak sayrif muharim. mohon izin copy article nya. saya sering bertanya akan ruh, dan kadang saya seperti org gila pak,,. bertanya pada diri sendiri dan jawab sendiri. tapi tidak tahu.saya takut diluar nalar malah membuat saya jadi kehilangan arah. kadang kepala saya sakit sekali pak jika ada yg saya ingin tahu. tetapi setelah saya sharing ke org lain kepala saya terasa ringan. dari sekian banyak artikle yang saya baca. mungkin baru artikle bapak yang menyentuh hati saya, baik isi nya maupun cara penyampaian bapak. Kalau boleh saya ingin sharing dengan Bapak. Apakah Bapak ada Pin BB atau alamat email Bapak., echo215imm@gmail.com.

  45. Syafrul Bandi berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak Syarif, sebuah blog yang bagus, semakin menanmbah wawasan saya, pak mohon bila berkenan Ini email saya boleh dikirimkan juga untuk al quran digitalnya bandisyafrul@yahoo.co.id
    Terimakasih sebelumnya.

  46. ali umar berkata:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
    blog nya sangat bermanfaat.
    Mohon maaf ustdz, boleh tidak ana minta dikirimkan Alqur’an digitalnya… aliumarkhadafi@gmail.com
    Jazakumullah Khairan Katsira

  47. Ping balik: Manusia Dan Agama | saiful runardi

  48. Anonim berkata:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
    Pak Syarif, terima kasih telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu. Semoga Allah senantiasa melindungi Bapak dan melimpahkan rahmatNya sehingga terus bisa berbagi ilmu. Dan saya mohon dapat dikirimkan Alqur’an digitalnya ke alamat e-mail : triyoto.gam@gmail.com. Jazakumullah Khairan Katsira, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  49. Anonim berkata:

    Pak Ustadz yang dirahmati Allah, setelah sekian lama saya browsing mencari al qur’an digital yang pas dan mudah, mohon maaf bisa di kirim via email Al Qur’an digital ke antoktarbiyah@gmail.com, terima kasih semoga Allah membalas kebaikan anda….

  50. Ayah Mota berkata:

    Assalamualaikum…
    Web ini sangat bermanfaat dg nafigasi yg mudah & informatif. Terima kasih atas waktu yg anda luangkan membagi ilmu ini.
    Saya ingin menanyakan :
    Dalam Al-quran ketika menyebut tentang surga, seringkali diikuti dengan kata2 ‘mengalir sungai-sungai dibawahnya’, Bagaimana anda menafsirkan tsb, apakah memang diartikan secara harfiah ataukah ‘mengalir sungai-sungai dibawahnya’ tsb mempunyai makna tertentu tentang surga?

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Wr. Wb.,

      Pada dasarnya kuranglah tepat membayangkan secara harfiah-leterlek, terhadap perumpamaan2 tentang surga, seperti misalnya: ada taman2 yang berisi pohon kurma, ada sungai2 yang mengalir beserta mata airnya, ada tenda2 dengan permadani dan bantal2, ada para bidadari, dsb. Begitu pula terhadap perumpamaan2 tentang neraka.
      Terutama karena kehidupan akhirat (beserta surga dan neraka di dalamnya) adalah hal ghaib, yang tentunya tidaklah punya padanan yang persis sama, terhadap hal2 nyata-fisik-lahiriah dalam perumpamaan2 tsb.

      Perumpamaan2 tentang surga tsb lebih tepatnya sebagai perumpamaan bagi segala keselamatan, kenikmatan, kebahagiaan ataupun kemuliaan, yang akan didapat oleh orang2 yang beriman pada kehidupan akhiratnya di Hari Kiamat nanti.

      Namun sebagai bahan pengajaran yang relatif sederhana bagi umat2 pada umumnya, tentunya perumpamaan2 tsb tetap relevan dan bermanfaat dipakai, sebelum umat2 itu sendiri telah bisa memahami makna2 yang sebenarnya.

      Uraian lebih lengkapnya tentang surga dan neraka, misalnya bisa dibaca pada https://islamagamauniversal.wordpress.com/referensi/bd_5d/#_Toc280619260.

      Semoga bisa bermanfaat. Aamiin…

      Wallahu a’lam.

      • mujahideen berkata:

        Mas, boleh saya minta al-quran digitalnya untuk pribadi ingin mengetahui dan mencoba lebih taat kepada allah swt dan rosulullah saw . Kalau ada macam” format file dikirimin ya mas semuanya semoga allah swt membalas kebaikannya . Amin🙂

  51. Syamsul Saifudin berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Pak Syarif, sy ikutan baca cuma belum tuntas, mohon dikirim Alqur’an digitalnya ke samsulsaifudin20@gmail.com… terima kasih
    Wasalamualaikum Wr. Wb

  52. Assalamu’alaikum pak Syarif, saya berminat mendapat copyan Al Qur’an digital sebagai bahan referensi mencari terjemahan Al Qur’an. Apakah File berextension .chm bisa langsung running atau butuh template atau softwarelain untuk menjalankan? terimakasih atas kirimannya, barokah buat pak Syarif dan keluarga.

  53. SQd Sardju berkata:

    Assalamu’alaikum pak Syarif, saya berminat mendapat copyan Al Qur’an digital sebagai bahan referensi mencari terjemahan Al Qur’an. guna untuk mempelajari dan menghafal, terimakasih atas kirimannya, barokah buat pak Syarif dan keluarga.

  54. Zainal Arief berkata:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

    Yth Pak Ustadz Syarif Muharim, saya berminat mendapat copyan Al Qur’an digital sebagai bahan referensi mencari terjemahan Al Qur’an. Akan saya aplikasikan ke power point untuk materi dakwah. Apakah dapat juga Pak Ustadz mengirimkan Tafsir Al-Qur’an nya? Semoga Pak Ustadz diberikan kesehatan dan kelancaran dalam berdakwah.

    Alamat email saya adalah : zainalarief@yahoo.com.au.

    Jazakallah wa barokallohu fiqum

  55. Anonim berkata:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

    Assalamu’alaikum pak Syarif, saya berminat mendapat copyan Al Qur’an digital sebagai bahan. guna untuk mempelajari dan menghafal, terimakasih atas kirimannya, barokah buat pak Syarif dan keluarga.Alamat email saya adalah :

    nowo.raharjo@gmail.com

    Jazakallah wa barokallohu fiqum

  56. Anonim berkata:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
    Yth Pak Ustadz Syarif Muharim,
    Mohon saya bisa mendapatkan copyan Al Qur’an digital.
    Alamat email saya adalah :sysurang.tuha@gmail.com

    Siswanto Ambu

  57. Anonim berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Mas Syarif Muharim, kenapa saya baru menemukan blog bagus mas Syarif di bulan ketiga tahun 2015 ini ya duh nyesel banget saya. Namun, walau telat mohon mas Syarif berkenan mengirim Al Qur’an digitalnya ke email saya : antounsoed@gamil.com. Matur nuwun salam untuk keluarga
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    Anto eSPe

  58. Delonix Regia berkata:

    saya hanya mengucapkan terima kasih kepada anda, karena banyak sekali manfaatnya yang saya ambil dari postingan anda, salah satunya sebagai sumber menyelesaikan tugas kuliah juga sebagai bacaan untuk belajar ke arah yang lebih baik. Semoga Allah memberikan berkah dan pahala yang berlimpah untuk anda.

  59. Joko Sugiharto berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb,
    Pak Syarif, saya telah membaca al qur’an digitalnya, tapi belum tuntas, mohon dikirim Alqur’an digitalnya ke sugiharto.joko@gmail.com. Terima kasih
    Wasalamualaikum Wr. Wb

  60. kusuma adhi nugroho berkata:

    subhanallooh…
    apa yang njenengan lakukan sehingga njenengan bertemu denganNYA…?
    semoga perlahan dan cepat apa yang njenengan sampaikan mampu dipahami kami, bahwa ALLOH adalah maha besar dan selalu besar tanpa terkurangi.

    puji syukur kehadirat “ALLOH tuhan semesta alam” – al fatehah

  61. Hana berkata:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
    Yth Pak Ustadz Syarif Muharim,
    Mohon saya bisa mendapatkan copyan Al Qur’an digital.
    Alamat email saya adalah hana_tri@yahoo.co.id
    Terima kasih
    Wasalamualaikum Wr. Wb

  62. Bejo berkata:

    Ustad Syarif, tampaknya anda percaya bahwa Isa saat ini mati dan belum bangkit….padahal Alquran mengatakan bahwa Isa tidak mati tapi telah diangkat ke surga. Artinya bahwa hari ini, Isa sedang ada di surga………………………………..bagaimana menurut anda ?

    • Syarif Muharim berkata:

      Mohon periksa ayat QS.19:33….
      “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku (Isa), pada hari aku dilahirkan, pada hari aku MENINGGAL, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali (Hari Kiamat)`.” (QS.19:33)

      • Anonim berkata:

        Maaf pak, mau tanya apakah yg dimaksud “meninggal” itu ketika beliau disalib sbgmana keyakinan org Yahudi? sesuai firman Allah : “dan karena ucapan mereka : “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa. Tetapi (yg sebenarnya) Allah telah mengangkat ‘Isa kepadaNya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (an Nisa : 157-158). Terima kasih.

        • Syarif Muharim berkata:

          Betul, ayat an-Nisa:157-158 memang langsung membantah keyakinan umat Yahudi dan Nasrani, tentang penyaliban nabi Isa as.
          Sdgkan keyakinan umat Islam, bahwa nabi Isa as tdk mati akibat penyaliban, tapi mati akibat hal lain, sebagaimana kematian pada manusia lainnya. Juga menurut sebagian sejarah, nabi Isa as juga mati di tempat lain (bukan di tempat penyaliban tsb).
          Wallahu a’lam.

          • Anonim berkata:

            Setahu saya, berdasarkan ayat an Nisa 157-158 tersebut maka kaum Muslimin meyakini dengan jelas dan tegas bahwa Nabi Isa as tidak disalib atau dibunuh, melainkan ‘diangkat’ oleh Allah SWT. Artinya; Nabi Isa sekarang ini belum meninggal. Beberapa hadits shahih menegaskan bahwa beliau akan diturunkan atau kembali ke dunia di suatu masa – di akhir zaman untuk menjalankan misi dari Allah Ta’ala, yakni membunuh Dajjal dan Ya’juz dan Ma’juz. WaLlahu a’lam. Demikian pendapat saya pak dan terima kasih atas muzakarahnya..

          • Syarif Muharim berkata:

            Iya… silahkan saja, jika memang memahami dan meyakini, bahwa Nabi Isa as sekarang ini belum meninggal.

            Kita serahkan saja segala sesuatu urusan kpd Allah, Yang Maha Mengetahui dan Maha Benar.

            Terima kasih kembali….

  63. mardi siswoyo berkata:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
    Yth Pak Ustadz Syarif Muharim,
    Mohon saya bisa mendapatkan copyan Al Qur’an digital.
    Alamat email saya adalah mardisiswoyo007@gmail.com
    Terima kasih
    Wasalamualaikum Wr. Wb

  64. irwan berkata:

    assallam mualaikum wr wb
    pak ustad saya minta alquran chmnya
    kirim ke email irwan_design@ymail.com
    semoga bermanfaat buat saya
    dan semoga allah menambah ilmu buat pak ustad
    wasalmualaikum wr wb
    irwan
    Jakarta

  65. Komar Udin berkata:

    Assalamu alaikum wr.wb…
    pak uztadz bisa tdk qt kirimkan Al-Qur’an digital.. ke saya: kamarudingis@gmail.com
    Wass. Tks

  66. Indra Pramudya berkata:

    assallam mualaikum wr wb
    pak syarif saya minta alquran chmnya
    kirim ke email idrpram@gmail.com
    saya sudah dload chmnya tapi ko ngga keluar
    ada error
    semoga bermanfaat buat saya
    dan semoga allah menambah ilmu buat pak syarif
    wasalmualaikum wr wb
    Indra Pramudya
    Jakarta

  67. cukupakudanallah berkata:

    Assalamualaikum Pak Ustadz,
    Salam kenal. apakah bapak ada majelis sehingga saya bisa konsultasi langsung?
    Apakah saya bisa terdaftar dalam WA group yg bapak manage mungkin?
    Apakah bapak pengamal tasawuf / tarekat juga ? dimana ?
    Apa saya juga bisa mendapat quran digital ini utk di install di HP ?
    Terimakasih
    rina.setianingrum@gmail.com

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam…

      Sebenarnya saya belum cukup pantas dipanggil Ustadz, karena ilmu agama saya memang masih amat terbatas.
      Relatif kebetulan saja saya bisa bikin blog ini ataupun buku “Menggapai”, karena saya memang kebetulan mengalami pengalaman batin-rohani-spiritual yang cukup intens, selama hampir 6-7 tahun. Juga sekaligus saya seolah merasa wajib menyampaikan berbagai hikmah / pelajaran dari pengalaman tsb.

      Sehingga tentunya saya juga belum punya majelis. Kalaupun mau disebut, hanya ada grup facebook “Dialog Keislaman : Pembahasan Doktrin dan Peradaban”, sebagai tempat saya berdialog agama dengan rekan” sesama muslim lainnya (ada para ustadz, para mahasiswa, alumni dan dosen UIN/IAIN, para anggota ormas2 Islam, dsb).
      Jika ingin berdialog langsung, silahkan approve akun facebook saya “Syarif Muharim”.
      Saya juga bukan pengamal tasawuf / tarekat, meskipun dulu sempat ingin sekali melakukannya. Tampaknya takdir saya sampai sekarang tidak memungkinkan, dan hanya sempat baca2 buku tasawuf saja.

      Al-Qur’an digitalnya bisa didownload langsung dari http://www.mediafire.com/download/3ppbsfbg3s5dibg/Al-Quran_Digital.chm. Cuman saya belum tau, apakah cocok diinstall ke HP.

      Terima kasih kembali. Salam…..

  68. Anonim berkata:

    pak syarif sudilah kiranya mengirim al Quran digital di : ardianchacha@gmail.com
    thanks sebelum

  69. Bambang Sukirno berkata:

    Assalamualaikum Wr Wb.. Pak Ustadz mohon ijin mengcopy slide Juz Amma untuk perlombaan 1 Muharram 1437 H di Musholla kami..Terima kasih..

    Salam Ukhuwah
    Bambang / balikpapan

  70. Anonim berkata:

    ust. Syarif saya suka baca blog anda, boleh tdk saya dikirimi Qur,an digital dan terjemahan ke e-mail saya kasrimanm@yahoo.com

  71. munarko muslim berkata:

    Asllkm .Alhamdulillah sy dapat ketemu dan membaca tulisan mas Syarif, sungguh menambah wawasan pemahaman agama islam khususnya bagi sy yang sedang terus belajar lebih banyak dan tulisan mas sangat bermanfaat. jg sekalian sy mhn izin utk dpt mencopy dan izin sharing. bila gak keberatan mhn dpt dikirimkan al-qur’an digitalnya ke email sy : mohmunarkomuslim@gmail.com.
    mas apa jg dpt melayani untuk tanya jawab bila diperlukan..
    Terima kasih wslkm.

  72. indonesia pusing berkata:

    Wah telat nih karena muter-muter baru ketemu. ikutan boleh gak ya dikirim ke email ini : indonesiapusing@gmail.com

  73. Anshor Zen berkata:

    Nggahi Rawi Pahu, sukses selalu ta

  74. Anonim berkata:

    alhamdulillah bapak terimakasih yaaa ,,, artikel ini sangat bermanfaat . aku sampai menangis bacaana, semoga makin banyak orang seperti bapak yang udah bikin pencerahaan sehingga aku kaya dapet hidayah dari Allah lewat bapak. amin

  75. Anonim berkata:

    Assalaamualaikum,
    Mohon izin meng-copy Alquran digital dan terjemahan untuk keperluan saya sendiri.
    boleh gak ya dikirim ke email ini herayani384@gmail.com.
    terimakasih pak ustadz
    wslmlkm

  76. Anonim berkata:

    Terimakasih mas…sangat bermanfaat.

  77. Haris Andora berkata:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Saya mohon ijin meng-copy artikel-artkel yang ada , terutama Al-Qur’annya, untuk dijadikan Catatan-catatan di Page Medsos, khususnya sebagai referensi perenungan bagi diri pribadi…
    Semoga Bapak Ustadz SYARIF MUHARIM menjadi ahli Ilmu yang manfaat dunia akhirat.
    Dan semoga ALLAH Subhanahu wata’ala senantiasa melimpahkan Rahmat kasih-sayangNya kepada antum sekeluarga, disertai dengan kucuran nikmat karunia-Nya (rizki, ilmu & usia) yang berlimpah lagi barokah. …Amin Ya Robbal amin…..3x.
    (moriz1_links@yahoo.com) …Jazakallah Khairan katsiran

  78. Ade Saptono berkata:

    Assalamualaikum Wr… Wb…
    Boleh Tolong Kirim Al-quran digitalnya ustadz, Ini alamat email saya: ade.saptono@man-mn.co.id
    Terimakasih sebelumnya.

    Salam,

  79. Hendri berkata:

    Assalamualaikum, blog ini sangat berguna mas🙂

  80. Hartanto berkata:

    Assalamualaikum Wr… Wb…
    Mohon izin meng copy beberapa surat untuk kepentingan pribadi, agar lebih memahami antara bacaan bahasa arab dan terjemahannya.

    Terima kasih

    • Syarif Muharim berkata:

      Wa ‘alaikum salam Wr. Wb.,
      Silahkan dicopy pak. Insya Allah hak copynya hanya milik Allah. Sehingga silahkan pula disebar-luaskan, jika memang diperlukan.
      Terima kasih kembali…..

  81. Yanto Sugianto berkata:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak Ustadz Syarif Muharim terima kasih atas semua informasi dan pengetahuan ini. sungguh sangat membantu buat saya yang masih harus banyak belajar.

  82. Taksaka Wulung berkata:

    Assalamualaikum Wr… Wb…
    Mohon izin untuk men-share Tafsir Al Qur’an untuk teman-teman di Facebook saya.

  83. Anonim berkata:

    Alhamdulillah,Allahu Akbar.
    Allah men takdirkan pagi ini saya dirahmati dengan mendapatkan blog ini.
    Semoga menjadi awal saya bisa lebih memahami kandungan Al qur’an.
    Pak syarif,iijin membagi kepada teman2.
    Barokallah pak.Alfia Madjid

  84. Anonim berkata:

    Saya tidak terlalu paham dg internet.
    Saya juga ngga tahu,bagaimana bukan nama saya yg tertulis …berkata
    Mohon maaf untuk nama yg tertulis.tdk ada kesengajaan
    Dan sekali lagi saya mohon maaf.

Buat komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s