Keadaan dan kesempurnaan aqidah tiap umat

Bagaimana keadaan dan kesempurnaan aqidah tiap umat Islam?

Aqidah adalah pondasi yang paling pokok atau utama dalam keyakinan beragama.
Namun apakah tiap umat Islam telah memiliki pemahaman yang relatif mendalam,
konsisten, utuh dan tidak saling bertentangan, atas dasar-dasar pokok aqidah
dalam agama Islam?. Berikut ini diungkap daftar berbagai pertanyaan yang
terkait aqidah, minimal agar tiap umat sendiri bisa memiliki gambaran,
apakah dasar-dasar aqidahnya telah relatif lengkap dan sempurna?.

Pemahaman atau pengetahuan atas dasar-dasar pokok aqidah dalam agama Islam, yang telah terkandung secara lengkap dan sempurna di dalam kitab suci Al-Qur'an, pada dasarnya berada dalam lingkup pembahasan ilmu kalam, ilmu tauhid atau ilmu ushuluddin. Berbagai sebutan ilmu ini pada dasarnya relatif sama lingkupnya, serta relatif bisa saling dipertukarkan pemakaiaannya, walaupun memang ada sedikit perbedaan pada definisinya masing-masing. Sejak jaman dahulu sampai saat sekarang ini, di kalangan umat Islam telah berkembang cukup banyak aliran-aliran ilmu kalam, seperti misalnya: Asy'ariah, Athariah, Imamiah, Maturidiah, Murji'ah, Mu'tazilah, Jabariyah, Qadariyah, Zaidiyah, Ismailiyah, Khawarij, dsb. Serta tentunya ada yang masih hidup dan ada pula yang telah ditinggalkan.

Pembahasan atas tiap aliran ilmu kalam tersebut secara lengkapnya, beserta segala pemahamannya masing-masing, berada di luar lingkup cakupan pembahasan pada blog ini dan buku "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW", serta sebaiknya diperoleh dari sumber-sumber lainnya. Namun dalam Lampiran D pada blog dan buku ini, telah diungkap perbandingan pemahaman tentang berbagai topik, antara sebagian dari aliran-aliran ilmu kalam di atas (terutama aliran Asy'ariah, Maturidiah Samarkand, Maturidiah Buchara dan Mu'tazilah), sekaligus dibandingkan dengan pemahaman terkait menurut penulis sendiri.

Dalam artikel/posting ini hanya semata diungkap daftar berbagai pertanyaan yang terkait aqidah, yang sekaligus merupakan lingkup pembahasan yang mestinya bisa dijawab melalui ilmu kalam. Seluruh jawabannya mestinya relatif telah dimiliki atau dipahami oleh tiap umat Islam, bagi keyakinan beragamanya, dan juga agar benar-benar bisa memahami kitab suci Al-Qur'an dan dasar ajaran agama Islam lainnya (Sunnah / Hadits Nabi dan hasil ijtihad dari para alim-ulama).

Apabila tiap umat Islam relatif belum bisa menjawab berbagai pertanyaan berikut (beserta segala dalil-alasan dan penjelasannya), minimal daftar inipun bisa dipakai sebagai bahan bagi tiap umat, agar bisa makin melengkapi atau menyempurnakan pemahamannya atas dasar-dasar pokok aqidah dalam agama Islam (bisa makin relatif lengkap, mendalam, konsisten, utuh dan tidak saling bertentangan secara keseluruhan).

Adapun daftar berbagai pertanyaan yang terkait aqidah, antara lain:

~ Bagaimana cara bagi tiap manusia dan makhluk-Nya lainnya, untuk bisa mencari dan mengenal Allah, Tuhan Pencipta alam semesta ini?.
Apakah 'esensi' dari Zat Allah bisa dijangkau oleh alat-alat indera lahiriah dan batiniah pada tiap makhluk-Nya, di dunia dan di akhirat?.
~ Bagaimana cara memahami sifat-sifat Allah?, serta apa saja persoalan dalam memahaminya (termasuk yang telah menimbulkan segala bentuk kemusyrikan)?.
~ Jika ada, apa kaitan antara perbuatan, kehendak, keredhaan, sifat dan fitrah Allah?.
~ Bagaimana cara Allah berkehendak, bertindak atau berbuat di alam semesta ini?.
Apa sifat atau ciri khas dari segala perbuatan Allah di alam semesta ini?, serta jika ada, apa perbedaannya dengan segala perbuatan makhluk-Nya?.
~ Jika ada, apa kaitan antara segala perbuatan Allah di alam semesta ini, dengan 'sunatullah' (Sunnah Allah) dan segala perbuatan para malaikat-Nya?.
~ Apa hakekat dari kebebasan, kehendak, perbuatan dan daya tiap manusia?, serta jika ada, apa kaitannya dengan kehendak, perbuatan dan daya Allah?.
~ Dimana letak hakekat dari tiap makhluk-Nya?, serta letak hakekat dari 'nilai' tiap makhluk-Nya di hadapan Allah?.
~ Bagaimana cara proses dari tiap amal-perbuatan manusia (yang baik dan buruk)?.
Bagaimana cara proses pemberian balasan-Nya secara adil atau setimpal, termasuk cara penilaian Allah, atas tiap amalan itu?.
~ Jika ada, apa kaitan antara amal-perbuatan tiap manusia dan keadaan batiniah ruhnya (keadaan alam pikirannya)?.
~ Bagaimana cara Allah berlaku adil kepada segala makhluk-Nya (dengan segala: jenis, tugas-amanat dari-Nya, amal-perbuatan, lama hidup di dunia, tingkat pengetahuan & kesadaran, beban tanggung-jawab, kedudukan & keadaan lahiriah, dsb)?.
~ Apa hakekat dari Qadla dan Qadar-Nya (takdir-Nya)?.
Bagaimana cara Allah menentukan takdir-Nya (nasib) bagi tiap makhluk-Nya?.
Apakah takdir-Nya baginya, bisa berusaha 'dipilih-pilih' ataupun 'diubah-ubah' oleh tiap manusia?, serta jika bisa, bagaimana caranya?.
~ Bagaimana cara Allah berkehendak menurunkan mu'jizat-Nya bagi para nabi-Nya, serta memberikan rejeki-Nya, menimpakan azab-Nya, dan menentukan kematian bagi tiap makhluk-Nya?.
~ Apa hakekat dari agama dan kitab-Nya (agama dan kitab tauhid)?, serta jika ada, apa kaitannya dengan Fitrah Allah (sifat-sifat terpuji dan mulia Allah)?.
~ Apa hakekat dari ilmu-pengetahuan, wahyu-Nya, kenabian, Al-Hikmah dan Al-Kitab (kitab-Nya / kitab tauhid)?.
~ Apa hakekat dari Sunnah dan Hadits dari para nabi-Nya?, serta jika ada, apa perbedaan antara keduanya?.
~ Jika ada, apa kaitan antara ilmu-pengetahuan, wahyu-Nya, kenabian, Al-Hikmah, Al-Kitab, dan Sunnah / Hadits dari para nabi-Nya?.
~ Jika ada, apa perbedaan antara nabi-Nya dan rasul-Nya?.
~ Bagaimana cara Allah bertindak menurunkan wahyu, kitab dan agama-Nya?.
~ Jika ada, bagaimana transformasi perubahan bentuk kitab dan wahyu-Nya, dari bentuknya langsung dari Allah, sampai bentuknya yang biasa dikenal saat ini oleh umat Islam (kitab suci Al-Qur'an dan ayat-ayatnya)?.
~ Bagaimana cara Allah memelihara kitab suci Al-Qur'an?.
~ Jika ada, apa kaitan antara alam semesta ini, ilmu-pengetahuan, wahyu-Nya, akal dan hati-nurani pada para nabi-Nya?, serta jika ada, apa kaitannya dengan para makhluk gaib (terutama malaikat mulia Jibril)?.
~ Apa hakekat dari 'hijab-tabir-pembatas' antara Allah dan tiap makhluk-Nya?, serta jika ada, apa kaitannya dengan pengetahuan 'mutlak' Allah di alam semesta ini dan pengetahuan 'relatif' manusia?.
~ Apa hakekat dari 'Arsy-Nya, yang amat mulia dan agung?, serta jika ada, apa kaitannya dengan pengetahuan Allah dan pengetahuan manusia?.
~ Apa hakekat dari kitab mulia (Lauh Mahfuzh) di sisi 'Arsy-Nya?, serta apa saja yang tercatat di dalamnya?.
~ Apa hakekat dari 'kembali' ke hadapan 'Arsy-Nya?, serta jika ada, apa kaitannya dengan Hari Kiamat dan peristiwa 'Isra Mi'raj yang dialami oleh Nabi?.
~ Apa hakekat dari keimanan (lahiriah dan batiniah)?, serta bagaimana cara mencapai tingkat keimanan yang utuh dan tinggi?.
~ Apa hakekat dari 'sunatullah' (Sunnah Allah, lahiriah dan batiniah)?, serta jika ada, apa kaitannya dengan hukum alam dan segala bentuk pengetahuan pada manusia?.
~ Jika ada, apa kaitan antara sunatullah dan segala zat ruh makhluk-Nya (terutama zat ruh para malaikat-Nya)?.
Jika ada, apa kaitan antara zat ruh makhluk-Nya dan materi-benda mati?.
~ Bagaimana cara Allah bertindak memilih, menunjuk atau mengutus para utusan-Nya (para nabi-Nya dan para malaikat-Nya)?, serta jika ada, apa kelebihan atau keistimewaan para nabi-Nya, dibanding seluruh umat manusia lainnya?.
~ Apa hakekat dari 'kenabian terakhir' pada nabi Muhammad saw?, serta hakekat dari agama Islam dan kitab suci Al-Qur'an sebagai agama dan kitab tauhid yang terakhir?.
~ Apakah ada 'nabi-nabi baru' setelah nabi Muhammad saw?, serta jika tidak ada, bagaimana kemustahilan atas turunnya 'nabi-nabi baru' itu?.
~ Apakah ada Imam Mahdi?, serta bagaimana kemungkinan ataupun kemustahilan keberadaannya?.
~ Apa hakekat dari kebangkitan 'hidup kembali' nabi Isa as, nabi Yahya as dan seluruh umat manusia lainnya?, serta kapan terjadinya ('sebelum' Hari Kiamat, 'pada' Hari Kiamat, 'sebelum' akhir jaman, 'pada' akhir jaman atau di waktu lainnya)?.
Jika ada, apa perbedaan antara kebangkitan 'hidup kembali' nabi Isa as, nabi Yahya as dan seluruh umat manusia lainnya?
~ Apa hakekat dari ruh, fitrah dan hati-nurani manusia?.
~ Apa sifat-sifat dari zat ruh makhluk-Nya?, serta apa sifat, fungsi dan definisi dari elemen-elemen ruh (akal, nafsu, hati/kalbu, hati-nurani, catatan amalan, dsb)?.
Apa saja elemen pengendali pada tiap zat ruh makhluk-Nya?, serta bagaimana cara proses pengendaliannya?.
~ Bagaimana cara proses berpikir manusia, termasuk cara proses perolehan tiap pengetahuannya?.
Jika ada, apa kaitan antara akal dengan hati-nurani dan elemen-elemen ruh lainnya?.
~ Apa hakekat dari perbuatan dosa (kecil dan besar), dengan berbagai bentuknya kemusyrikan, kemungkaran, kekafiran, kemunafikan, kezaliman, kefasikan, dsb?, serta bagaimana pengaruhnya bagi pelakunya sendiri, orang lain dan alam sekitar?.
~ Apa hakekat dari taubat?, serta bagaimana cara-cara melakukannya?.
Jika ada, apakah ada penebusan atau penghapusan dosa dalam ajaran agama Islam, oleh tiap manusianya sendiri ataupun oleh orang lainnya?.
~ Bagaimana cara melayani, membersihkan atau mensucikan ruh?.
~ Jika ada, apa kekeliruan atau kesalahan pada konsep 'inkarnasi' dan 'reinkarnasi'?.
~ Apa hakekat dan tujuan dari diciptakan-Nya alam semesta ini dan kehidupan fisik-lahiriah-nyata makhluk-Nya di dunia?.
~ Bagaimana pengabdian segala makhluk-Nya kepada-Nya?, serta jika ada, apa hambatan atas pengabdian itu, dari diciptakan-Nya kehidupan dunia fana ini?.
~ Apa hakekat dari penunjukan umat manusia sebagai 'khalifah-Nya' (penguasa) di muka Bumi (di dunia)?, serta apa kelebihan dan kekurangan manusia dibanding segala makhluk-Nya lainnya?.
~ Apa hakekat dari Surga dan Neraka?, serta jika ada, apa kaitannya dengan segala pahala-Nya dan beban dosa yang diperoleh tiap makhluk-Nya, dari segala bentuk amal-perbuatannya (baik dan buruk)?.
~ Apa hakekat dan tujuan dari diciptakan-Nya kehidupan akhirat (termasuk kehidupan di Surga dan di Neraka sejak Hari Kiamat)?, serta jika ada, apa kaitannya dengan kehidupan batiniah ruh atau pikiran tiap manusia di dunia?.
~ Apa hakekat dari Hari Kiamat, dan kejadian-kejadian di sekitarnya (kebangkitan; pertemuan, pengumpulan; penyaksian; penghisaban; pengadilan, pemutusan dan pembalasan)?, serta jika ada, apa kaitannya dengan kematian atas tiap makhluk-Nya (termasuk tiap manusia)?.
Jika ada, apa perbedaan antara Hari Kiamat dan akhir jaman?
~ Bagaimana wujud kehidupan manusia di akhirat, setelah Hari Kiamat?
~ Apa hakekat dari 'syafaat'?, serta jika ada, apa kaitannya dengan amal-perbuatan tiap manusia, pengajaran-Nya dari para nabi-Nya, dan proses penyaksian pada Hari Kiamat?.
~ Apa hakekat dari 'mau dan tidak mau' bersujudnya para makhluk gaib kepada nabi Adam as (khususnya para malaikat dan iblis), ketika awal penciptaan nabi Adam as?.
~ Bagaimana cara proses penciptaan para makhluk gaib (dari api dan cahaya)?.
~ Bagaimana 'wujud atau rupa asli' dari para makhluk gaib?.
Bagaimana kecerdasan mereka, termasuk jika dibanding dengan manusia?.
Apa saja tugas-amanat yang diberikan-Nya kepada mereka?.
~ Apa hakekat dari pengelompokan para makhluk gaib (malaikat, jin, syaitan dan iblis)?, serta jika ada, apa kaitannya dengan keseimbangan segala pengajaran dan ujian-Nya secara batiniah bagi tiap manusia?.
~ Apa hakekat dari kekafiran para syaitan dan iblis, serta ketundukan, kepatuhan dan ketaatan para malaikat, kepada perintah-Nya?.
~ Apa hakekat dari 'ilham', 'bisikan' atau 'godaan' dari para makhluk gaib, kepada tiap manusia?.
~ Bagaimana cara berinteraksi antara para makhluk gaib dan manusia (terutama melalui 'bisikan suara' dari para makhluk gaib)?, serta apa alat-sarana interaksinya?.
~ Apa saja elemen yang paling dasar bagi penyusunan atau penciptaan alam semesta ini?, serta jika ada, apa kaitan antara 'Ruh', 'Atom'/'materi terkecil' dan 'Energi'.
~ Bagaimana cara proses awal penciptaan alam semesta ini, sampai proses akhirnya di akhir jaman, sesuai konsep kosmogoni dan kosmologi dalam ajaran agama Islam?.
Jika ada, apa kekeliruan atau kesalahan teori 'Big Bang'?
~ Jika ada, apa kekeliruan atau kesalahan teori ilmuwan barat, tentang asal-muasal kehidupan makhluk di Bumi, teori 'evolusi' ataupun teori 'anti-materi'?.
~ Bagaimana cara proses dan siklus penciptaan tiap makhluk nyata (termasuk manusia), dari benih dasar tubuh wadahnya (tanah liat kering dari lumpur berwarna hitam, dan air mani), hidup, lahir, tumbuh, mati, sampai menjadi tanah kembali?.
~ Bagaimana cara proses penciptaan nabi Adam as, Hawa, nabi Isa as, dan manusia pada umumnya?, serta jika ada, apa saja keadaan khusus dalam penciptaannya?.
~ Apa hakekat dan tujuan dari syariat dan aturan-hukum-ketentuannya?.
Bagaimana cara proses ditentukan-Nya syariat, bagi tiap-tiap umat?.
Jika ada, apa kaitan antara syariat, pengalaman rohani-moral-spiritual, akhlak dan keadaan kehidupan akhirat?.
~ Apa hakekat dari 'jalan hidup' tiap manusia dan 'jalan-Nya yang lurus'?.
~ Apa hakekat dan tujuan dari 'ujian-Nya' (lahiriah dan batiniah)?.
Bagaimana cara proses pemberian segala bentuk ujian-Nya?.
Bagaimana batas dan kemampuan manusia dalam menghadapi ujian-Nya?.
Jika ada, apa kaitan antara ujian-Nya dan tiap amal-perbuatan manusia, yang dilakukan saat sedang menghadapi ujian-Nya itu?.

Tentunya ada banyak pula pertanyaan lainnya, yang belum sempat bisa diungkap di atas. Namun minimalnya, hal ini dimaksud untuk sedikit-banyak bisa memberi gambaran kepada tiap umat Islam, tentang lingkup pembahasan ilmu kalam, yang amat perlu untuk dipahaminya, khususnya agar bisa meningkatkan keyakinan beragamanya (memperkokoh aqidahnya). Seluruh pertanyaan di atas juga sekaligus telah berusaha semaksimal mungkin dijawab secara tidak langsung oleh penulis sendiri, melalui seluruh pembahasan pada buku "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW" (tersedia pada blog ini secara on-line dan bentuk ebook-nya, melalui link-link di bawah).

Penting diketahui, bahwa seluruh pemahaman pada buku itu, tentunya juga bukan bentuk pemahaman yang 'pasti benar', karena hal ini hanya semata hak-milik Allah, Yang Maha Mengetahui. Juga termasuk bukan bentuk pemahaman yang 'paling benar', di antara segala pemahaman terkait pada berbagai aliran ilmu kalam yang ada (hanya 'paling benar' menurut keyakinan pribadi atau penilaian relatif penulis).

Namun lebih pentingnya, usaha pengungkapan pemahaman pribadi penulis melalui buku itu, pada hakekatnya untuk 'memancing' tiap umat Islam, agar selalu terus-menerus bisa mencari pemahaman yang makin benar dan sempurna, dengan segala dalil-alasan dan penjelasannya yang makin kokoh-kuat dan lengkap (makin sulit terbantahkan). Tentunya pasti tetap kembali kepada masing-masing umat Islam, untuk memilih dan meyakini tiap bentuk pemahaman yang dianggapnya 'relatif paling benar'. Dan hal ini tentunya mestinya sekaligus bisa makin 'sesuai atau mendekati' kesempurnaan seluruh pemahaman Nabi atas wahyu-wahyu-Nya, yang diperolehnya dari malaikat Jibril (lengkap, mendalam, konsisten, utuh dan tidak saling bertentangan secara keseluruhan), terutama atas hal-hal yang paling penting, mendasar dan hakiki bagi kehidupan umat manusia (hal-hal gaib dan batiniah).

Wallahu a'lam bishawwab.

Artikel / buku terkait:

Resensi buku: "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW"

Buku on-line: "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW"

Al-Qur'an on-line (teks Arab, latin dan terjemah)

Download terkait:

Al-Qur'an digital (teks Arab, latin dan terjemah) (chm: 2,45MB)

Buku elektronik (chm): "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW" (+Al-Qur'an digital) (chm: 5,44MB)

Buku elektronik (pdf): "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW" (pdf: 8,04MB)

Buku elektronik (chm + pdf): "Menggapai Kembali Pemikiran Rasulullah SAW" dan Al-Qur'an digital (zip: 15,9MB)

 

Tentang Syarif Muharim

Alumni Teknik Mesin (KBK Teknik Penerbangan) - ITB - angkatan 1987 Blog: "islamagamauniversal.wordpress.com"
Pos ini dipublikasikan di Hikmah, Saduran buku dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Keadaan dan kesempurnaan aqidah tiap umat

Buat komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s